Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Sumo Ala Bayi? Kok Bisa?

Tidak kebayang, kan, di benak kita semua bagaimana bisa para bayi bersumo seperti para pesumo dewasa? Mungkin yang ada dipikiran kita, para bayi itu sedang bermain seperti bayi kebanyakan. Namun pikiran kalian salah, kawan! Penasaran, kan, bagaimana tradisi sumo ala bayi ini?



Tradisi Bayi Menangis di Jepang ini benar-benar aneh. Dalam kontes ini, Anda harus membuat bayi menangis sekeras yang mereka bisa. Kontes ini memungkinkan pegulat sumo untuk memegang bayi dan mencoba untuk membuat mereka menangis.Begitu banyak argumen yang mengatakan bayi menangis dapat mengakibatkan kerusakan otak. Namun para pegulat sumo Jepang percaya yang sebaliknya: Bahwa satu raungan tangisan yang keras dan panjang bisa menyehatkan bayi. 

(Tochigi-Jepang) Kuil Namako di kota Kanuma, Prefektur Tochigi menyelenggarakan pertandingan Naki Sumo (Gulat Tangis), guna memanjatkan kesehatan bagi batita kepada para Dewa. Tradisi yang sudah berumur 400 tahun ini sudah diselenggarakan sejak zaman Edo  (1603-1867), dan hanya boleh diikuti balita yang berusia tiga tahun. 

Acara diselenggakan di arena sekitar Kuil, batita dipakaikan ikat kepala, kemudian diangkat keatas sebanyak tiga kali oleh jemaat kuil (Ujiko), sambil menyerukan "Yoisho,yoisho". 


Biasanya, anak langsung menangis kencang saat diangkat pertama, namun selanjutnya tidak menangis sama sekali. Dahulu, anak yang lebih dulu menangis kencang adalah pemenang pertandingan. Namun saat ini, baik anak yang menangis, tidak menangis, menangis duluan, maupun yang menangis belakangan tetap dinyatakan sebagai pemenang.

Para orang tua berkumpul, mengelilingi arena, sambil mengabadikan pertandingan menggunakan video, dan kamera. Salah seorang Ibu yang turut mengajak anaknya berpartisipasi dalam acara ini mengungkapkan, "anak saya tidak menangis, ia sangat berharga bagiku. Saya ingin merawatnya hingga dewasa."

Para orangtua Jepang membawa bayi mereka mengikuti kontes atas kehendak mereka sendiri. Mereka benar-benar percaya, anak-anak mereka yang menangis di Festival Naki Sumo berarti kondisi kesehatannya baik, dan terhindar dari pengaruh setan-setan jahat.  







Sumber: 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Feed her!