Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Melempar Bayi Adalah Tradisi?

Dilihat dari judulnya saja memang sudah tidak lazim, bukan? Tapi memang itu kenyataannya! Tradisi melempar bayi atau Baby Toss Ritual sudah menjadi hal yang biasa bagi warga di India Utara. Tradisi yang sudah turun-temurun selama 500 tahun ini telah ada dari nenek moyang mereka, tradisi ini dilakukan oleh masyarakat di India utara yang ditujukan untuk para pasutri (pasangan suami istri) yang baru saja mendapat seorang bayi yang kemudian bayi tersrebut dilempar dari suatu tempat peribadatan disana dengan ketinggian 15 meter di atas permukaan tanah.


Ritual ini dipraktikkan oleh pasangan yang memberkati anak mereka setelah diambil sumpah di Baba Sheikh Umar Saheb 'Dargah' atau tempat suci di Desa Musti. Ritual ini dijalankan baik oleh umat Hindu maupun Islam yang dilakukan setiap tahun dan dilaksanakan di bawah penjagaan keamanan yang sangat ketat.
Bagi para pasutri yang mempunyai bayi ataupun balita yang usianya berkisar antara 1-4 tahun, yang kemudian di berikan kepada kepala agama disana, lalu bayi tersebut di bawa keatas tempat peribadatan bersama kepala agamanya. Setelah sampai diatas (puncaknya) yang berada di ketinggian 50 kaki (15,24 meter), bayi tersebut siap untuk dijatuhkan ke bawah. Namun sebelum dijatuhkan, bayi tersebut terlebih dahulu dibacakan do’a oleh si kepala agamanya. Setelah itu si bayi itu pun di jatuhkan ke bawah, tapi di bawah pun sudah ada tim penyangga yang siap menyangga si bayi tersebut dengan menggunakan karpet. Setelah itu si bayi diberikan kembali kepada orang tuanya.

Para orang tua percaya bahwa praktek tersebut akan memberikan anak-anak mereka panjang umur dan hidup sehat. Hal ini dilakukan kebanyakan oleh umat Islam tetapi beberapa keluarga Hindu juga terlibat di dalamnya. Orang tua yang ikut biasanya orang-orang yang telah hamil setelah berdoa. Pihak yang berwenang memberikan jaminan
untuk aktivitas tersebut walaupun fakta bahwa pemerintah nasional tidak menganjurkan hal tersebut.

Sumber:
http://archive.kaskus.us/thread/1555560
http://forum.meremmelek.net/showthread.php?49972-Tradisi-Melempar-Bayi-di-India
http://gucang.wordpress.com/2009/09/14/tradisi-melempar-bayi-di-india/

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Feed her!